Nubuatan dan Kebenaran menurut Injil

Beranda » Nubuatan Injil Alkitab – Buku 1 » 1.8 – Bagaimana dengan Rapture?

1.8 – Bagaimana dengan Rapture?

– Kapan Pengangkatan terjadi?

Rapture adalah pengangkatan umat Tuhan ketika Ia datang kembali untuk mendapatkan mereka yang mencintai-Nya dan membawa mereka untuk bersama-Nya di surga. Ada banyak ide yang berbeda-beda tentang Rapture dan tentang kapan itu akan terjadi. Banyak orang mengajarkan bahwa hal itu akan terjadi ketika masa tujuh tahun terakhir mulai. Beberapa mengajarkan bahwa Rapture akan terjadi di penghujung masa kesukaran ketika Yesus Kristus kembali pada saat perang Harmagedon.

Mari kita lihat ayat berikut ini.

Daniel 11:31  Tentaranya akan muncul, mereka akan menajiskan tempat kudus, benteng itu, menghapuskan korban sehari-hari dan menegakkan kekejian yang membinasakan. 32  Dan orang-orang yang berlaku fasik terhadap Perjanjian akan dibujuknya sampai murtad dengan kata-kata licin; tetapi umat yang mengenal Tuhannya akan tetap kuat dan akan bertindak. 33  Dan orang-orang bijaksana di antara umat itu akan membuat banyak orang mengerti, tetapi untuk beberapa waktu lamanya mereka akan jatuh oleh karena pedang dan api, oleh karena ditawan dan dirampas.

Ayat ini berbicara tentang peristiwa yang terjadi di pertengahan dari tujuh tahun terakhir. Ayat itu berkata; bahwa orang yang tahu siapa Tuhan mereka akan kuat dan menang. Dan mereka yang mengerti akan mengajar banyak orang. Ini merupakan suatu indikasi kuat bahwa kita akan ada pada saat itu saat itu terjadi. Kita akan kuat dan akan mengajar banyak orang. Kita akan sanggup menolong orang menemukan Tuhan pada masa-masa akhir! Beberapa dari kita akan jatuh pada saat itu. Tuhan memberitahu kita bahwa mereka yang mati dalam melayani Kristus akan diberkati!

Daniel 7:21 Dan aku melihat tanduk itu berperang melawan orang-orang kudus dan mengalahkan mereka, 22  sampai Yang Lanjut Usianya itu datang dan keadilan diberikan kepada orang-orang kudus milik Yang Mahatinggi dan waktunya datang orang-orang kudus itu memegang pemerintahan

”Tanduk yang sama” adalah tanduk yang mensimbolkan antikristus. Ia akan membuat perang dengan orang kudus (kita) dan menang sampai Yang Lanjut Usianya itu datang. Inilah ketika Yesus Kristus datang kembali pada sangkakala yang ketujuh pada akhir dari masa tujuh tahun.

Daniel 7:25 Ia akan mengucapkan perkataan yang menentang Yang Mahatinggi, dan akan menganiaya orang-orang kudus milik Yang Mahatinggi; ia berusaha untuk mengubah waktu dan hukum, dan mereka akan diserahkan ke dalam tangannya selama satu masa dan dua masa dan setengah masa.

Lagi, kita melihat.

Wahyu 20:4 Lalu aku melihat takhta-takhta dan orang-orang yang duduk di atasnya; kepada mereka diserahkan kuasa untuk menghakimi. Aku juga melihat jiwa-jiwa mereka, yang telah dipenggal kepalanya karena kesaksian tentang Yesus dan karena firman Tuhan; yang tidak menyembah binatang itu dan patungnya dan yang tidak juga menerima tandanya pada dahi dan tangan mereka; dan mereka hidup kembali dan memerintah sebagai raja bersama-sama dengan Kristus untuk masa seribu tahun. 5  Tetapi orang-orang mati yang lain tidak bangkit sebelum berakhir masa yang seribu tahun itu. Inilah kebangkitan pertama.

Perhatikan bahwa ayat itu berkata, “inilah kebangkitan pertama”? Peristiwa ini menandai dimulainya masa pemerintahan seribu tahun dari Yesus Kristus setelah masa kesukaran. Jika ini adalah kebangkitan pertama, maka jelaslah tidak ada rapture yang lain yang terjadi sebelum ini. Dan, Yohanes menyaksikan jiwa-jiwa yang mati untuk Yesus dan tidak mengambil tanda dari binatang itu atau menyembahnya.

Wahyu 13:7 Dan ia diperkenankan untuk berperang melawan orang-orang kudus dan untuk mengalahkan mereka; dan kepadanya diberikan kuasa atas setiap suku dan umat dan bahasa dan bangsa. 8  Dan semua orang yang diam di atas bumi akan menyembahnya, yaitu setiap orang yang namanya tidak tertulis sejak dunia dijadikan di dalam kitab kehidupan dari Anak Domba, yang telah disembelih.

Ia (antikristus) akan berperang melawan orang-orang kudus dan semua yang tinggal di bumi akan menyembahnya, yiatu mereka yang namanya tidak tertulis di buku kehidupan. Mereka yang tahu Tuhan, namanya tercatat di dalam buku kehidupan.

2 Tes 2:3 Janganlah kamu memberi dirimu disesatkan orang dengan cara yang bagaimanapun juga! Sebab sebelum Hari itu haruslah datang dahulu murtad dan haruslah dinyatakan dahulu manusia durhaka, yang harus binasa, 4  yaitu lawan yang meninggikan diri di atas segala yang disebut atau yang disembah sebagai Tuhan. Bahkan ia duduk di Bait Tuhan dan mau menyatakan diri sebagai Tuhan.

Hari itu, hari Kristus datang kembali, tidak akan datang hingga antikristus dinyatakan dahulu. Peristiwa ini (Kekejian yang membinasakan / Pembunuh keji ketika antikristus dinyatakan) tidak terjadi hingga dipertengahan masa dari tujuh tahun terakhir.

1 Kor 15:51 Sesungguhnya aku menyatakan kepadamu suatu rahasia: kita tidak akan mati semuanya, tetapi kita semuanya akan diubah, 52  dalam sekejap mata, pada waktu bunyi nafiri yang terakhir. Sebab nafiri akan berbunyi dan orang-orang mati akan dibangkitkan dalam keadaan yang tidak dapat binasa dan kita semua akan diubah.

Paulus menyatakan bahwa orang mati akan dibangkitkan dan kita akan diubahkan pada bunyi sangkakala terakhir. Tidak ada yang siapapun yang memperdebatkan bahwa sangkakala terakhir, sangkakala ketujuh, adalah pertempuran Harmagedon dimana Yesus akan datang kembali untuk menghancurkan pemerintahan manusia dan menegakkan pemerintahan-Nya pada akhir masa kesusahan. Ayat ini memberitahukan kita TANPA RAGU-RAGU bahwa rapture akan ada pada penghujung kesesakan.

1 Tes 4:16 Sebab pada waktu tanda diberi, yaitu pada waktu penghulu malaikat berseru dan sangkakala Tuhan berbunyi, maka Tuhan sendiri akan turun dari sorga dan mereka yang mati dalam Kristus akan lebih dahulu bangkit; 17  sesudah itu, kita yang hidup, yang masih tinggal, akan diangkat bersama-sama dengan mereka dalam awan menyongsong Tuhan di angkasa. Demikianlah kita akan selama-lamanya bersama-sama dengan Tuhan.

Tuhan akan turun dari surga dengan sorak sorai, dengan sangkakala Tuhan, dan yang mati akan pertama dibangkitkan dan mereka yang masih hidup akan dibawa bersamanya di awan. Apakah ada sangkakala lain yang menandakan rapture? Tidak ada hal itu ada di Alkitab. Hal ini, sekali lagi, adalah sangkakala ketujuh.

Matius 24:15 “Jadi apabila kamu melihat Pembinasa keji berdiri di tempat kudus, menurut firman yang disampaikan oleh nabi Daniel–para pembaca hendaklah memperhatikannya– 16  maka orang-orang yang di Yudea haruslah melarikan diri ke pegunungan. 17  Orang yang sedang di peranginan di atas rumah janganlah ia turun untuk mengambil barang-barang dari rumahnya, 18  dan orang yang sedang di ladang janganlah ia kembali untuk mengambil pakaiannya. 19  Celakalah ibu-ibu yang sedang hamil atau yang menyusukan bayi pada masa itu. 20  Berdoalah, supaya waktu kamu melarikan diri itu jangan jatuh pada musim dingin dan jangan pada hari Sabat. 21  Sebab pada masa itu akan terjadi siksaan yang dahsyat seperti yang belum pernah terjadi sejak awal dunia sampai sekarang dan yang tidak akan terjadi lagi. 22  Dan sekiranya waktunya tidak dipersingkat, maka dari segala yang hidup tidak akan ada yang selamat; akan tetapi oleh karena orang-orang pilihan waktu itu akan dipersingkat. 23  Pada waktu itu jika orang berkata kepada kamu: Lihat, Mesias ada di sini, atau Mesias ada di sana, jangan kamu percaya. 24  Sebab Mesias-mesias palsu dan nabi-nabi palsu akan muncul dan mereka akan mengadakan tanda-tanda yang dahsyat dan mujizat-mujizat, sehingga sekiranya mungkin, mereka menyesatkan orang-orang pilihan juga. 25  Camkanlah, Aku sudah mengatakannya terlebih dahulu kepadamu. 26  Jadi, apabila orang berkata kepadamu: Lihat, Ia ada di padang gurun, janganlah kamu pergi ke situ; atau: Lihat, Ia ada di dalam bilik, janganlah kamu percaya. 27  Sebab sama seperti kilat memancar dari sebelah timur dan melontarkan cahayanya sampai ke barat, demikian pulalah kelak kedatangan Anak Manusia. 28  Di mana ada bangkai, di situ burung nazar berkerumun.” 29  “Segera sesudah siksaan pada masa itu, matahari akan menjadi gelap dan bulan tidak bercahaya dan bintang-bintang akan berjatuhan dari langit dan kuasa-kuasa langit akan goncang. 30  Pada waktu itu akan tampak tanda Anak Manusia di langit dan semua bangsa di bumi akan meratap dan mereka akan melihat Anak Manusia itu datang di atas awan-awan di langit dengan segala kekuasaan dan kemuliaan-Nya. 31  Dan Ia akan menyuruh keluar malaikat-malaikat-Nya dengan meniup sangkakala yang dahsyat bunyinya dan mereka akan mengumpulkan orang-orang pilihan-Nya dari keempat penjuru bumi, dari ujung langit yang satu ke ujung langit yang lain.

Kecuali demi orang pilihan (umat Tuhan) hari itu akan dipersingkat. Segera setelah kesukaran… mereka akan melihat Anak manusia datang dalam awan… dan Ia akan mengirimkan malaikat-Nya untuk mengumpulkan orang pilihan-Nya dari mana-mana. Hari itu akan dipersingkat bagi kita dan ketika Kristus datang kembali pada bunyi sangkakala (sangkakala ketujuh pada akhir masa tribulasi) kita akan dikumpulkan kepada-Nya! Ayat ini secara tegas menyatakan pada kita bahwa setelah tribulasi (ayat 29 – 31) bahwa kita akan dikumpulkan kepada Tuhan!

Wahyu 14:9  Dan seorang malaikat lain, malaikat ketiga, menyusul mereka, dan berkata dengan suara nyaring: “Jikalau seorang menyembah binatang dan patungnya itu, dan menerima tanda pada dahinya atau pada tangannya, 10  maka ia akan minum dari anggur murka Tuhan, yang disediakan tanpa campuran dalam cawan murka-Nya; dan ia akan disiksa dengan api dan belerang di depan mata malaikat-malaikat kudus dan di depan mata Anak Domba. 11  Maka asap api yang menyiksa mereka itu naik ke atas sampai selama-lamanya, dan siang malam mereka tidak henti-hentinya disiksa, yaitu mereka yang menyembah binatang serta patungnya itu, dan barangsiapa yang telah menerima tanda namanya.” 12  Yang penting di sini ialah ketekunan orang-orang kudus, yang menuruti perintah Tuhan dan iman kepada Yesus.

Tuhan memberitahu kita untuk sabar dan memiliki iman ketika tanda binatang itu sedang diimplementasikan. Kenapa kita butuh peringatan itu kalau kita sudah tidak disini?

Sebegitu aku ingin melewatkan masa kesusahan, saya pikir kita akan harus bertahan. Tanpa Roh Kudus, saya bayangkan itu akan mustahil. Bersyukurlah kepada Tuhan atas Roh-Nya yang tinggal di dalam mereka yang mengikuti-Nya!

Yohanes 14:17 yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu. 18  Aku tidak akan meninggalkan kamu sebagai yatim piatu. Aku datang kembali kepadamu!

Siapa yang tertinggal?

Ada sebuah seri buku fiksi bernama “Left Behind” (Yang Tertinggal) yang telah menjadi sangat populer baru-baru ini dan bahkan telah menjadi film seri. Dalam seri ini, beberapa orang yang tertinggal menyadari bahwa mereka merindukan pengangkatan dan berbalik kepada Tuhan. Mereka memulai perang salib yang disebut Angkatan Kesengsaraan untuk mencoba dan memenangkan atas orang-orang yang tersisa lainnya. Walaupun ini merupakan kisah yang hebat, itu benar-benar fiktif dan itu tidak akan terjadi. Kita tahu bahwa pengangkatan akan terjadi pada akhir dari tujuh tahun terakhir dan bahwa hal itu terjadi pada saat Kedatangan Kedua Tuhan Yesus Kristus yang adalah juga saat pertempuran Harmagedon. Tak lama setelah ini, Tuhan mendirikan kerajaan-Nya di bumi dan menghapus semua pemerintah duniawi. Tidak akan ada peluang yang kedua. Ketika Tuhan kembali dia tidak datang untuk semua orang, ia akan mengumpulkan hanya gereja-Nya kepada-Nya. Orang mati akan bangkit yang pertama dan orang-orang yang masih hidup akan berubah dalam sekejap mata dari fana menjadi kekal dan akan diangkat kepada Yesus di awan. Tak satu pun dari mereka yang masih di bumi akan menjadi bagian dari gereja yang benar. Tuhan kemudian akan menghapus tentara yang menyerang Israel pada perang Harmagedon dan akan melepaskan murka-Nya di atas bumi. Banyak, banyak orang akan mati dalam periode waktu yang singkat ini. Ingatlah bahwa ini adalah kebangkitan pertama dan bahwa kebangkitan kedua, ditemukan pada akhir Wahyu 20 adalah penghakiman dari orang-orang yang tidak memiliki Roh Kudus, itu bukan bagian dari gereja yang benar, dan tidak mengikuti Kristus.

Kita tidak ingin menjadi yang tertinggal!

Siapa yang menderita Kesusahan besar?

Hal yang lain yang saya temukan di penelaahan saya, adalah bahwa Kesukaran besar tidak ditujukan pada “dunia”, tapi untuk umat Tuhan:

Lukas 17:26 Dan sama seperti terjadi pada zaman Nuh, demikian pulalah halnya kelak pada hari-hari Anak Manusia: 27  mereka makan dan minum, mereka kawin dan dikawinkan, sampai kepada hari Nuh masuk ke dalam bahtera, lalu datanglah air bah dan membinasakan mereka semua. 28  Demikian juga seperti yang terjadi di zaman Lot: mereka makan dan minum, mereka membeli dan menjual, mereka menanam dan membangun. 29  Tetapi pada hari Lot pergi keluar dari Sodom turunlah hujan api dan hujan belerang dari langit dan membinasakan mereka semua. 30  Demikianlah halnya kelak pada hari, di mana Anak Manusia menyatakan diri-Nya.

Tuhan Yesus mengatakan di Lukas di atas bahwa hari-Nya, hari ketika Ia kembali, akan seperti harinya Lot dan Nuh. Ketika penghancuran menimpa dunia saat banjir dan di Sodom dan Gomorah, hanya orang yang mengalami “sengsara” adalah orangnya Tuhan. Lot teraniaya dan juga Nuh, oleh orang-orang yang tidak percaya. Murka Tuhan akan dicurahkan hanya setelah Ia menyelamatkan umat-Nya yang setia, tetapi masa kesusahan itu yang disebut Kesukaran besar adalah kesukaran bagi orang-orang kudus, tidak bagi dunia. Hal ini akan didiskusikan detil di Bab 10 dari buku ini.

1 Tes 5:1 Tetapi tentang zaman dan masa, saudara-saudara, tidak perlu dituliskan kepadamu, 2  karena kamu sendiri tahu benar-benar, bahwa hari Tuhan datang seperti pencuri pada malam. 3  Apabila mereka mengatakan: Semuanya damai dan aman–maka tiba-tiba mereka ditimpa oleh kebinasaan, seperti seorang perempuan yang hamil ditimpa oleh sakit bersalin–mereka pasti tidak akan luput. 4  Tetapi kamu, saudara-saudara, kamu tidak hidup di dalam kegelapan, sehingga hari itu tiba-tiba mendatangi kamu seperti pencuri.

Tuhan akan datang seperti pencuri di tengah malam, tapi hanya bagi mereka yang di kegelapan, tidak bagi mereka yang mengenal Tuhan. Mereka akan berkata, “Damai dan Aman”, sama seperti dunia gembar gemborkan ketika menolak sebelum banjir dan Sodom dan Gomorah akan dihancurkan!

Wahyu 7:13 Dan seorang dari antara tua-tua itu berkata kepadaku: “Siapakah mereka yang memakai jubah putih itu dan dari manakah mereka datang?” 14  Maka kataku kepadanya: “Tuanku, tuan mengetahuinya.” Lalu ia berkata kepadaku: “Mereka ini adalah orang-orang yang keluar dari kesusahan yang besar; dan mereka telah mencuci jubah mereka dan membuatnya putih di dalam darah Anak Domba.

Mereka yang keluar dari kesusahan besar dari ayat ini adalah orang kudus milik Tuhan.

Jika anda masih belum pasti, mari lihatlah daftar berikut ini yang membandingkan ayat ketika Tuhan datang kembali:

  • Wahyu 11:14-19 (sangkakala ke-7); Wahyu 6:12-17 (materai ke-6); Wahyu 16:17-21 (cawan ke-7)
    • Kedatangan Tuhan akan menjadi peristiwa yang sangat besar dan penuh bencana.
    • Murka Tuhan, guncangan dan gempa besar, dll.
  • Daniel 2, 7, 8, 11, 12
    • 2:34-35 – Kerajaan terakhir yang menguasai dunia adalah besi yang bercampur dengan tanah liat dan akan berkuasa saat Tuhan Yesus datang kembali.
    • 7:8-12 – Empat raja akan ada di bumi ketika Tuhan Yesus kembali.
    • 8:25 – Antikristus akan menggunakan tipu daya untuk berhasil, dengan perdamaian untuk menghancurkan banyak umat Tuhan, akan berhadapan melawan Kristus ketika Ia kembali, tapi akan hancur tanpa tangan.
    • 11:21 hingga 12:1 – Antikristus akan menegakkan dirinya tapi akan segera berakhir, dan saat itu adalah masa kesusahan seperti yang belum pernah ada, dan waktu itu umat Tuhan akan diselamatkan.
  • Matius 24:30, Markus 13, Lukas 17:24
    • Segera setelah masa kesusahan –
    • Matahari, bulan, dan bintang menjadi gelap.
    • Murka Tuhan, goncangan dan gempa besar, dll.
    • Tuhan Yesus akan datang penuh kuasa dan kemuliaan seperti kilat yang menyambar dari timur ke barat.
    • Malaikat akan diutus dengan sangkakala dan mengumpulkan umat pilihan-Nya.
  • 2 Tes 2:1-8
    • Kedatangan Tuhan dan dikumpulkannya kita kepada-Nya tidak akan terjadi sampai Pembunuh keji itu terungkap.
    • Tuhan akan menghabisinya dengan firman.
    • Kedatangannya akan terang benderang.
  • 1 Tes 4:16-17
    • Turun dengan sorak sorai.
    • Akan menangkap umat pilihan-Nya bertemu dengan-Nya di awan.
  • •Wahyu 1:7
    • Ia datang di atas awan.
    • Setiap mata akan tertuju kepada-Nya.
  • Wahyu 19:11-16
    • Perjamuan kawin Domba .
    • Perang Harmagedon.
    • Tuhan Yesus mengirik kilangan anggur murka Tuhan seperti digambarkan juga di Wahyu 14:20.
    • Antikristus dan Nabi palsu akan dicampakkan ke lautan api.
  • 1 Tes 5:1-4, Lukas 17:24-30
    • Tuhan akan datang seperti pencuri di tengah malam, tapi hanya untuk mereka yang berada di dalam kegelapan.
    • Mereka (yang berada di dalam kegelapan) akan berkata, “Damai dan Aman”, dan tiba-tiba kehancuran akan menimpa mereka.
  • Zakaria 14
    • Bukit Zaitun akan terbelah dua.
    • Tuhan akan datang bersama seluruh orang kudus.
    • Seluruh bangsa berkumpul melawan Yerusalem (Perang Harmagedon).
    • Tuhan akan berperang melawan bangsa-bangsa (Perang Harmagedon).
      • Yoel
    • Tuhan akan muncul bergemuruh dari Sion.
    • Panen telah menguning, hari Tuhan sudah dekat.
    • Murka Tuhan, goncangan dan gempa besar, dll.
    • Seluruh bangsa berkumpul di lembah Yehosafat (Perang Harmagedon).
    • Yehezkiel 38 – 39
    • Ayat 38:15-16; Tuhan akan bangsa-bangsa melawan Israel seperti awan menutupi daratan (Perang Harmagedon).
    • Ini adalah harinya Tuhan.
    • Murka  Tuhan, goncangan dan gempa besar, dll

Seluruh ayat ini menceritakan kita hal yang sama:

  1. Ketika Tuhan datang kembali hal itu akan seperti kilat yang menyambar di angkasa. Kedatangannya akan dengan sorak sorai dengan bunyi sangkakala, dengan kuasa dan kemuliaan. Setiap mata akan menatap-Nya.
  2. Akan menjadi kejutan bagi dunia yang sedang dipimpin antikristus sebagai pemimpin satu pemerintahan dunia dan menyatakan damai dan aman, kemudian Tuhan akan datang.
  3. Ketika Ia datang, orang-orang kudus akan dikumpulkan kepada-Nya di udara, di awan.
  4. Kemudian mereka akan melihat murka Tuhan dicurahkan atas bumi.
  5. Kemudian Ia akan turun atas bangsa-bangsa yang berkumpul melawan Israel dan akan menumpas mereka dan menghancurkan antikristus.
  6. Ketika Ia menyentuh Bukit Zaitun, akan ada gempa besar lebih besar dari yang pernah ada.
  7. Ia akan menegakkan kerajaan-Nya dan menundukkan bangsa yang memimpin dan menghancurkan Islam, binatang keempat dari Daniel 7, satu pemerintahan dunia terakhir yang berkuasa memimpin dunia (besi yang bercampur tanah liat Daniel 2).

Semua selesai … Wahyu 21:6, Wahyu 16:17, Yehezkiel 39:8

Ketika Tuhan datang kembali, setiap mata akan melihat Dia, dan rencana Tuhan untuk angkatan ini akan selesai.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: