Nubuatan dan Kebenaran menurut Injil

Beranda » Nubuatan Injil Alkitab – Buku 1 » 1.5 – Ketujuh sangkakala

1.5 – Ketujuh sangkakala

Banyak orang berpikiran bahwa ketujuh sangkakala ini harus berbunyi pada akhir dari tujuh tahun, tapi tidak ada bukti dari itu di dalam Alkitab. Saya percaya kita berada di ambang dua pertama dari “tiga celaka”, sangkakala ke-5 dan ke-6, dan akan saya jelaskan mengapa di bab ini.

Sebelum saya memulai, harap ingat bahwa nubuatan yang digenapi tidak dapat dinyatakan sebagai fakta sampai nubuatan tersebut telah terjadi. Saya telah mempelajari banyak teori tentang nubuatan dan apa yang telah ditulis di sini adalah apa yang bergema benar dalam pikiran saya setelah berjam-jam mempelajari, tapi saya tidak pernah akan mengatakan bahwa ini adalah fakta mutlak sampai kita melihat hal itu terjadi. Namun, simbol yang digunakan dalam Alkitab akan diketahui pada saat akhir (Dan 12:9) dan ketika anda selesai membaca buku ini saya yakin anda akan setuju dengan saya bahwa ada sedikit keraguan bahwa waktu itu adalah sekarang.

Apakah ketujuh sangkakala itu?

Saya mendorong Anda untuk membaca Wahyu 8 sampai 11 pada saat ini. Masing-masing dari ketujuh sangkakala adalah peristiwa atau rangkaian peristiwa yang akan berlangsung.

Satu hal yang kita harus ingat, Yohanes ditunjukkan hal ini dalam visi dan ia menulis apa yang ia lihat, tetapi ia belum pernah dalam hidupnya melihat awan jamur dari bom nuklir, helikopter, senjata kaliber tinggi menembak dari tank atau kendaraan serangan atau kapal, senjata penghangus bumi turun dari pesawat, atau apa pun yang seperti senjata dan teknologi yang kita miliki saat ini. Ia bahkan tidak pernah mendengar hal itu. Dia tahu lembu dan nelayan dan kereta yang ditarik dengan kuda lapis baja, pedang, dll Jadi kita akan mencoba untuk mengikuti apa yang dia lihat dengan mata untuk apa yang kita kenal sekarang. Pernahkah Anda berada di kelas seni di mana mereka telah Anda mencoba untuk menjelaskan gambar atau objek dalam kata-kata saja, dan kemudian orang lain mencoba untuk menarik apa yang anda tulis atau katakan? Jika Anda pernah, anda tahu apa yang saya katakan. Jika tidak, mari kita hanya mengatakan bahwa itu sangat, sangat sulit untuk mendapatkan gambaran dari lukisan yang dicat menggunakan kata-kata saja. Ada beberapa bahasa aneh yang digunakan dalam Wahyu dan sulit untuk mendapatkan gambaran yang benar, tapi saya pikir anda akan setuju bahwa ada terlalu banyak kebetulan sehingga itu bukan kebetulan. Coba lihat…

Sangkakala pertama

Wahyu 8:7 Lalu malaikat yang pertama meniup sangkakalanya dan terjadilah hujan es, dan api, bercampur darah; dan semuanya itu dilemparkan ke bumi; maka terbakarlah sepertiga dari bumi dan sepertiga dari pohon-pohon dan hanguslah seluruh rumput-rumputan hijau.

Tidak ada banyak yang bisa diambil dengan gambar yang singkat ini. Sangat mungkin bahwa ini adalah Perang Dunia 1 atau perang lain atau sesuatu yang terjadi yang tidak kita ketahui. Apa yang masuk akal tentang PD 1 adalah bahwa mereka memiliki kebijakan “bumi hangus” di mana mereka akan menjatuhkan napalm dan membakar segalanya. 8,3 juta orang tewas dalam perang ini. Lebih banyak dari perang apapun yang pernah, dalam sejarah manusia sebelumnya. Sebuah peristiwa penting menurut saya.

Sangkakala kedua

Wahyu 8:8 Lalu malaikat yang kedua meniup sangkakalanya dan ada sesuatu seperti gunung besar, yang menyala-nyala oleh api, dilemparkan ke dalam laut. Dan sepertiga dari laut itu menjadi darah.

Apakah Anda pernah melihat awan jamur dari bom nuklir? Tampak seperti gunung terbakar? Hiroshima, Jepang dinuklir oleh AS pada akhir WW2. Jepang adalah sebuah pulau di laut, sehingga gunung akan tampak terbakar di tengah laut. Tidak ada yang punya ide berapa banyak makhluk laut yang tewas saat ledakan itu dan radiasi yang dihasilkan, tetapi bagian yang benar-benar menarik tentang sangkakala ini adalah, ” tiga bagian dari kapal hancur.” Dalam Perang Dunia 2, ada total 105.127 kapal yang digunakan dalam perang. 36.387 hancur. Itu sangat dekat dengan tepat satu per tiga. Juga, jika Anda meneliti apa sebenarnya minyak, itu adalah sisa-sisa kehidupan biologi, hewan dan tanaman, yang mencair, dan dapat didefinisikan sebagai “darah”. Dalam bangkai kapal cepat membusuk mengintailah puluhan juta galon minyak hitam tebal yang ilmuwan katakan akan dirilis dalam beberapa tahun ke depan. Hal ini bisa membunuh banyak kehidupan laut di lautan, dan bersama dengan tumpahan banyak dari tanker dalam beberapa dekade terakhir, ini bisa jadi apa yang Tuhan acu pada nubuatan ini. 52 juta orang tewas dalam perang ini.

Sangkakala ketiga

Wahyu 8:10 Lalu malaikat yang ketiga meniup sangkakalanya dan jatuhlah dari langit sebuah bintang besar, menyala-nyala seperti obor, dan ia menimpa sepertiga dari sungai-sungai dan mata-mata air.

Jika anda meneliti nama Wormwood di Rusia atau bahasa Ukraina, anda akan menemukan bahwa aspintus (Wormwood bahasa Inggrisnya) berarti Chernobyl, dan jika anda membaca ayat 11 di Ukraina, Anda akan membaca, ada “Dan nama bintang yang disebut Chernobyl.” adalah reaktor nuklir Chernobyl di Rusia disebut yang meledak pada tahun 1986. Saya berani bertaruh bahwa sebagian besar dari kita ingat baik mendengar atau membaca tentang hal itu. Ledakan pertama meniup 2 juta pound timbal dari reaktor, dan ledakan kedua mengirim radiasi nuklir sampai satu mil ke atmosfir. Reaktor itu terbakar dalam kebakaran nuklir penuh untuk tiga minggu ke depan. Jika Anda melihat bahwa api dari beberapa mil jauhnya, akan terlihat sedikit seperti lampu besar? 10 kali radiasi sebanyak yang dirilis bom Hiroshima. Hujan terus-menerus selama 5 hari. Awan radiasi bergerak di Swedia, Italia, Jerman, Inggris, dan bahkan dalam bentuk radiasi yang sangat rendah sampai ke pantai timur Amerika. Diperkirakan bahwa 125.000 orang telah meninggal karena kecelakaan itu, tetapi hal yang paling mematikan tentang ini adalah bahwa hujan begitu keras sehingga air tersebut mengalir ke sungai dan air itu mengkontaminasi seluruh Eropa. Mereka memperkirakan ada 2 juta terinfeksi oleh radiasi tetapi mereka bahkan tidak benar-benar tahu berapa banyak yang terpengaruh oleh hal ini dan berapa banyak penyakit dan kematian terjadi karena itu, apalagi bagaimana hal itu mempengaruhi generasi berikutnya. Tema utama dalam nubuatan ini adalah perairan. Banyak pria meninggal karena air karena mereka sudah menjadi pahit.

Sangkakala keempat

Wahyu 8:12 Lalu malaikat yang keempat meniup sangkakalanya dan terpukullah sepertiga dari matahari dan sepertiga dari bulan dan sepertiga dari bintang-bintang, sehingga sepertiga dari padanya menjadi gelap dan sepertiga dari siang hari tidak terang dan demikian juga malam hari.

Sangkakala ini bisa memiliki arti harfiah dan kita hanya saja belum melihatnya, atau bisa juga simbolis bahwa itu mengacu ke waktu. Tuhan Yesus berbicara tentang hari-hari yang dipersingkat dalam Matius 24.

Matius 24:22 Dan sekiranya waktunya tidak dipersingkat, maka dari segala yang hidup tidak akan ada yang selamat; akan tetapi oleh karena orang-orang pilihan waktu itu akan dipersingkat.

“Dari segala yang hidup tidak ada yang selamat” mungkin berarti bahwa kita akan menghancurkan diri kita jika Tuhan tidak mencegahnya ketika Dia melakukannya. Tapi apakah itu jumlah hari atau panjang hari-hari yang dipersingkat?

Kecuali Dia mengacu pada keseluruhan zaman ini (sejak zaman Yesus sampai akhir), bukan berarti bahwa jumlah hari dipersingkat pada akhir zaman karena ada jadwal yang sangat spesifik (jumlah hari, jumlah bulan ) tentang akhir zaman, khususnya dalam tujuh tahun terakhir. Tapi, karena Dia berkata, “demi orang-orang pilihan”, tampaknya mungkin bahwa Dia mengacu pada waktu kesulitan di mana ia akan kesusahan besar untuk orang-orang kudus Tuhan selama tiga tahun terakhir dan setengah. Jadi, Tuhan tidak dapat mengubah jumlah hari sebab Dia sudah mengatakan kepada kita jumlah hari itu, dan kecuali ini mengacu pada jumlah hari direncanakan dari awal dan ini berarti bahwa zaman kita kini hidup tidak akan bisa berlangsung selama itu, oleh karenanya itu harus berarti sesuatu yang lain.

Karena sepertiga dari matahari dan bulan dan bintang-bintang menjadi gelap dan hari tida bersinar untuk sepertiga hari, dan demikian juga malam, itu harus berarti bahwa entah bagaimana panjang hari lebih pendek, termasuk malam. Ada kemungkinan bahwa ini berarti bahwa entah bagaimana waktu itu sendiri dipersingkat. Tuhan entah bagaimana telah mempercepat segalanya. Satu penjelasan yang mungkin untuk hal ini adalah teori relativitas Einstein. Tapi itu mungkin masih belum dicapai. Tidak ada penjelasan yang nyata untuk nubuatan ini kecuali dugaan, dan saya belum mendengar ide yang lebih baik di luar apa yang saya sudah tulis.

Tiga Celaka

Wahyu 8:13 Lalu aku melihat: aku mendengar seekor burung nasar terbang di tengah langit dan berkata dengan suara nyaring: “Celaka, celaka, celakalah mereka yang diam di atas bumi oleh karena bunyi sangkakala ketiga malaikat lain, yang masih akan meniup sangkakalanya!

Sangkakala kelima, keenam, dan ketujuh diketahui dari nubuatan sebagai tiga celaka.

Sangkakala kelima

Wahyu 9:1 Lalu malaikat yang kelima meniup sangkakalanya, dan aku melihat sebuah bintang yang jatuh dari langit ke atas bumi, dan kepadanya diberikan anak kunci lobang jurang maut. 2  Maka dibukanyalah pintu lobang jurang maut itu, lalu naiklah asap dari lobang itu bagaikan asap tanur besar, dan matahari dan angkasa menjadi gelap oleh asap lobang itu. 3  Dan dari asap itu berkeluaranlah belalang-belalang ke atas bumi dan kepada mereka diberikan kuasa sama seperti kuasa kalajengking-kalajeng di bumi. 4  Dan kepada mereka dipesankan, supaya mereka jangan merusakkan rumput-rumput di bumi atau tumbuh-tumbuhan ataupun pohon-pohon, melainkan hanya manusia yang tidak memakai meterai Tuhan di dahinya. 5  Dan mereka diperkenankan bukan untuk membunuh manusia, melainkan hanya untuk menyiksa mereka lima bulan lamanya, dan siksaan itu seperti siksaan kalajengking, apabila ia menyengat manusia. 6  Dan pada masa itu orang-orang akan mencari maut, tetapi mereka tidak akan menemukannya, dan mereka akan ingin mati, tetapi maut lari dari mereka. 7  Dan rupa belalang-belalang itu sama seperti kuda yang disiapkan untuk peperangan, dan di atas kepala mereka ada sesuatu yang menyerupai mahkota emas, dan muka mereka sama seperti muka manusia, 8  dan rambut mereka sama seperti rambut perempuan dan gigi mereka sama seperti gigi singa, 9  dan dada mereka sama seperti baju zirah, dan bunyi sayap mereka bagaikan bunyi kereta-kereta yang ditarik banyak kuda, yang sedang lari ke medan peperangan.

Sangkakala ini dapat dipertanyakan. Jika kita meninggalkan beberapa hal yang tidak kita mengerti maka itu akan seperti Perang Teluk.

Sadam membakar 700 sumur minyak di Kuwait selama perang Teluk. Karena asap dari api itu langit menjadi gelap selama tiga bulan. Bahkan saat siang matahari tidak terlihat.

Bentuk dari belalang seperti kuda yang dipersiapkan untuk perang, mereka memiliki pelat besi di dada dan bersuara seperti kereta kuda yang menderu ke dalam perang, dan mereka memiliki sengat di ekornya. Seperti helicopter militer bagiku.

Abaddon dan Apollyon keduanya berarti, “perusak” atau “malaikat perusak”. Ibunda Sadam mengalami kesulitan persalinan dan doktornya menyarankan aborsi. Ia menderita selama hamil dan menamakan bayi itu Saddam, yang berarti “perusak”.

Gambaran yang Dia buat bagi kita sesuai dengan peristiwa perang Teluk jika kita meninggalkan beberapa penggambaran kita tidak bisa kita mengerti tentang belalang. Namun, ketika kita melihat semuanya dengan perang teluk dalam pikiran, ada banyak hal tentang “belalang” yang tidak cocok. Untuk nubuatan tersebut diwujudkan, tidak mungkin ada sesuatu yang tidak cocok atau hal itu tidak cocok dengan nubuatan. Ada kemungkinan bahwa ini bisa menjadi Perang Teluk, tapi saya pikir itu kebanyakan kebetulan dan terlalu banyak yang tidak masuk akal.

Dan, malaikat yang diberikan kunci tidak sama dengan binatang yang keluar dari dasar jurang. Jurang maut dibuka dan matahari dan udara menjadi gelap karena asap dari lubang, belalang diberitahu untuk tidak menyakiti mereka dengan meterai Tuhan di dahi mereka, dan malaikat yang membuka lubang disebut “malaikat yang menghancurkan”, yang merupakan arti dari nama “Abaddon” dan “Apollyon”. Malaikat itu disebutkan lagi dalam Wahyu 20:1-3. Perhatikan bahwa malaikat diberi kunci jurang maut dalam Wahyu 9:1, membuka lubang di 9:2, disebut sebagai “raja” di atas belalang di 9:11, kemudian turun dari surga lagi untuk mengikat setan dalam jurang maut untuk 1000 tahun dalam Wahyu 20:1-3.

Dalam Wahyu 11:7 kita melihat bahwa binatang itu keluar dari jurang maut, menjadi atau masuk dalam seorang pria untuk menjadi antikristus sebagaimana ditampilkan dalam Wahyu 17:8-11, membunuh dua saksi pada akhir 3,5 tahun terakhir (Wahyu 11 : 7), dan kemudian di Wahyu 20:1-3 kita melihat bahwa “malaikat” yang diberi kunci mengunci iblis dalam jurang maut untuk 1000 tahun.

Oleh karenanya, saya tidak berpikiran bahwa sangkakala kelima adalah Perang Teluk.

Yoel 2:1-11 juga memberikan kita beberapa informasi tentang apa yang nampak sebagai peristiwa yang sama.

Yoel 2:1 Tiuplah sangkakala di Sion dan berteriaklah di gunung-Ku yang kudus! Biarlah gemetar seluruh penduduk negeri, sebab hari TUHAN datang, sebab hari itu sudah dekat; 2  suatu hari gelap gulita dan kelam kabut, suatu hari berawan dan kelam pekat; seperti fajar di atas gunung-gunung terbentang suatu bangsa yang banyak dan kuat, yang serupa itu tidak pernah ada sejak purbakala, dan tidak akan ada lagi sesudah itu turun-temurun, pada masa yang akan datang. 3  Di depannya api memakan habis, di belakangnya nyala api berkobar. Tanah di depannya seperti Taman Eden, tetapi di belakangnya padang gurun tandus, dan sama sekali tidak ada yang dapat luput. 4  Rupanya seperti kuda, dan seperti kuda balapan mereka berlari. 5  Seperti gemertaknya kereta-kereta, mereka melompat-lompat di atas puncak gunung-gunung; seperti geletiknya nyala api yang memakan habis jerami; seperti suatu bangsa yang kuat, teratur barisannya untuk berperang. 6  Terhadapnya bangsa-bangsa gemetar, segala muka bertambah menjadi pucat pasi. 7  Seperti pahlawan mereka berlari, seperti prajurit mereka naik tembok; dan mereka masing-masing berjalan terus dengan tidak membelok dari jalannya; 8  mereka tidak berdesak-desakan, mereka berjalan terus masing-masing di jalannya; mereka menerobos pertahanan dengan tombak, mereka tidak membiarkan barisannya terputus. 9  Mereka menyerbu ke dalam kota, mereka berlari ke atas tembok, mereka memanjat ke dalam rumah-rumah, mereka masuk melalui jendela-jendela seperti pencuri. 10  Di depannya bumi gemetar, langit bergoncang; matahari dan bulan menjadi gelap, dan bintang-bintang menghilangkan cahayanya. 11  Dan TUHAN memperdengarkan suara-Nya di depan tentara-Nya. Pasukan-Nya sangat banyak dan pelaksana firman-Nya kuat. Betapa hebat dan sangat dahsyat hari TUHAN! Siapakah yang dapat menahannya?

Seperti telah saya sebutkan, dapat saja bahwa sangkakala tersebut adalah “era”. Setiap era mendahului yang lain dan masing-masing dilanjtukan dengan yang lain. Pada hari itu … ketika sangkakala tersebut akan berbunyi…

Wahyu 10:7 Tetapi pada waktu bunyi sangkakala dari malaikat yang ketujuh, yaitu apabila ia meniup sangkakalanya…

Dan tiga celaka terakhir akan saling menyusul.

Wahyu 9:12 Celaka yang pertama sudah lewat. Sekarang akan menyusul dua celaka lagi. 14 Celaka yang kedua sudah lewat: lihatlah, celaka yang ketiga segera menyusul.

Pada pertengahan 2011, kami masih menunggu untuk melihat apakah sangkakala kelima telah terdengar atau jika itu akan menjadi acara lain. Dengan perang di Irak, dan masalah yang muncul dengan China, Iran, Suriah dan Palestina, kita cenderung akan melihat awal sangkakala era berikutnya sekarang.

Sangkakala keenam

Wahyu 9:13 Lalu malaikat yang keenam meniup sangkakalanya, dan aku mendengar suatu suara keluar dari keempat tanduk mezbah emas yang di hadapan Tuhan, dan berkata kepada malaikat yang keenam yang memegang sangkakala itu: “Lepaskanlah keempat malaikat yang terikat dekat sungai besar Efrat itu.” 15  Maka dilepaskanlah keempat malaikat yang telah disiapkan bagi jam dan hari, bulan dan tahun untuk membunuh sepertiga dari umat manusia. 16  Dan jumlah tentara itu ialah dua puluh ribu laksa pasukan berkuda; aku mendengar jumlah mereka.

Sungai Efrat mengalir melalui Turki, Suriah, dan sebagian besar Irak. AS kebetulan memiliki ribuan tentara yang ditempatkan di sepanjang sungai Efrat sekarang di Irak dan situasi di Timur Tengah akan panas membara, dengan Israel dan Palestina, dan Iran memperkaya uranium yang semua orang tahu adalah untuk membangun sebuah bom untuk membuat keinginan mereka menghapus Israel dari peta dapat terwujud. Cina menunjukkan kemampuan untuk mengerahkan pasukan lebih dari 200 juta orang. Ini adalah pertama kalinya dalam sejarah manusia bahwa hal ini dimungkinkan. Cina membeli jutaan dan jutaan barel minyak dari Iran, dan kedua Rusia dan Cina bersimpati dengan Iran. Hari ini terlihat bahwa sepertinya perang bisa saja segera mulai yang bisa membunuh sepertiga dari umat manusia. Dunia saat ini memegang sekitar 6 miliar orang. Untuk membunuh 2 miliar orang yang paling mungkin berarti perang nuklir dan kemungkinan akan melibatkan Amerika Serikat. Saya mengatakan hal ini karena AS memiliki senjata dengan kerusakan sebesar itu, dan karena hanya ada sekitar 300 juta manusia di AS sehingga kemungkinan Cina dan negara-negara lain akan mengambil bagian dari kehancuran ini. Cina memiliki populasi 1,3 miliar, dan India (di selatan Cina) memiliki satu miliar. Cina juga sedikit sensitif tentang masalah Taiwan. Jika anda sudah membaca berita, anda mungkin ingat pejabat Cina mengatakan bahwa, “pemimpin Amerika lebih peduli Los Angeles daripada yang mereka lakukan dengan Taiwan”, dan “China akan mengorbankan jutaan laki-laki dan seluruh kota untuk menjamin persatuan”, dan AS tidak akan membuat pengorbanan seperti itu yang sebanding. Para pejabat Cina juga mengatakan bahwa mereka tidak akan ragu untuk menggunakan teknologi nuklir terhadap AS jika diperlukan. Tidak ada yang bisa mengatakan dengan pasti bagaimana perang akan dimulai atau apa yang akan terjadi, tapi jelas terlihat seperti kita berada tepat di ambang sangkakala ini.

Apa cara yang lebih baik untuk antikristus datang ke tampuk kekuasaan daripada saat dunia bangun dari kematian 2 miliar orang? Dunia akan berteriak-teriak untuk kesatuan pelucutan senjata, dan perdamaian dunia. Antikristus akan menggunakan perdamaian sebagai senjata untuk mendapatkan kekuasaannya. Ini dibahas nanti dalam buku ini.

Sangkakala ketujuh

Wahyu 11:14 Celaka yang kedua sudah lewat: lihatlah, celaka yang ketiga segera menyusul. 15  Lalu malaikat yang ketujuh meniup sangkakalanya, dan terdengarlah suara-suara nyaring di dalam sorga, katanya: “Pemerintahan atas dunia dipegang oleh Tuhan kita dan Dia yang diurapi-Nya, dan Ia akan memerintah sebagai raja sampai selama-lamanya.” 16  Dan kedua puluh empat tua-tua, yang duduk di hadapan Tuhan di atas takhta mereka, tersungkur dan menyembah Tuhan, 17  sambil berkata: “Kami mengucap syukur kepada-Mu, ya Tuhan, Tuhan, Yang Mahakuasa, yang ada dan yang sudah ada, karena Engkau telah memangku kuasa-Mu yang besar dan telah mulai memerintah sebagai raja 18  dan semua bangsa telah marah, tetapi amarah-Mu telah datang dan saat bagi orang-orang mati untuk dihakimi dan untuk memberi upah kepada hamba-hamba-Mu, nabi-nabi dan orang-orang kudus dan kepada mereka yang takut akan nama-Mu, kepada orang-orang kecil dan orang-orang besar dan untuk membinasakan barangsiapa yang membinasakan bumi.” 19  Maka terbukalah Bait Suci Tuhan yang di sorga, dan kelihatanlah tabut perjanjian-Nya di dalam Bait Suci itu dan terjadilah kilat dan deru guruh dan gempa bumi dan hujan es lebat.

Ini adalah kedatangan Yesus Kristus yang kedua! Sangkakala ini membawa pertempuran Harmagedon dimana Israel diselamatkan oleh Tuhan, pengangkatan, kehancuran antikristus dan nabi palsu, dan pengikatan setan selama 1000 tahun. Sangkakala ini, materai keenam dan semua cawan membawa azab Tuhan di atas bumi. Yesus akan mengalahkan pasukan yang turun melawan Israel di Harmagedon dan akan ada gempa yang dirasakan di seluruh dunia, malapetaka, dan banyak hal-hal buruk karena penolakan manusia terhadap Tuhan. Untungnya umat Tuhan tidak akan menanggung murka seperti ini karena kita akan diangkat pada suara sangkakala sebelum murka Tuhan dicurahkan atas bumi. Dan kemudian diantar ke dalam pemerintahan milenium Kristus dan akhir pemerintahan duniawi. Bayangkan sebuah dunia yang diperintah oleh seorang Raja yang penuh kasih seperti Yesus Kristus selama 1000 tahun, dengan tidak ada perang atau perselisihan sama sekali. Wow.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: