Nubuatan dan Kebenaran menurut Injil

Beranda » Kebenaran Firman Tuhan – Buku 2 » 2.4 – Ada berapa Tuhan di sana?

2.4 – Ada berapa Tuhan di sana?

(agar berkesesuaian dengan naskah asli dari buku ini “Buku Kecil Nubuatan dan Kebenaran” karangan Dan Nordquist, maka penggunaan kata “Allah” sebagai terjemahan dari ‘God” tidak di-endorsed, agar sesuai maka seluruh kata “Allah” diganti Tuhan).

Ada banyak ayat yang mengajarkan bahwa Tuhan itu hanya satu:

2 Sam 7:22 Sebab itu Engkau besar, ya Tuhan TUHAN-ku, sebab tidak ada yang sama seperti Engkau dan tidak ada Tuhan selain Engkau menurut segala yang kami tangkap dengan telinga kami..

Yesaya 43:10 “Kamu inilah saksi-saksi-Ku,” demikianlah firman TUHAN, “dan hamba-Ku yang telah Kupilih, supaya kamu tahu dan percaya kepada-Ku dan mengerti, bahwa Aku tetap Dia. Sebelum Aku tidak ada Tuhan dibentuk, dan sesudah Aku tidak akan ada lagi.

Ul 6:4 Dengarlah, hai orang Israel: TUHAN itu Tuhan, TUHAN itu esa:

Ul 4:35 Engkau diberi melihatnya untuk mengetahui, bahwa TUHAN-lah Tuhan, tidak ada yang lain kecuali Dia.

Ul 32:39 Lihatlah sekarang, bahwa Aku, Akulah Dia. Tidak ada Tuhan kecuali Aku. Akulah yang mematikan dan yang menghidupkan, Aku telah meremukkan, tetapi Akulah yang menyembuhkan, dan seorangpun tidak ada yang dapat melepaskan dari tangan-Ku.

1 Kor 8:4 Tentang hal makan daging persembahan berhala kita tahu: “tidak ada berhala di dunia dan tidak ada Tuhan lain dari pada Tuhan yang esa.

Yakobus 2:19 Engkau percaya, bahwa hanya ada satu Tuhan saja? Itu baik! Tetapi setan-setanpun juga percaya akan hal itu dan mereka gemetar.

Tidak ada Tuhan yang bersama dengan Dia, tidak ada Tuhan sebelum Dia, tidak ada Tuhan setelah Dia. Titik. Tuhan itu esa dan cuman satu-satunya.

Siapakah Yesus?

1 Tim 3:16 Dan sesungguhnya agunglah rahasia ibadah kita: Dia, yang telah menyatakan diri-Nya dalam rupa manusia, dibenarkan dalam Roh; yang menampakkan diri-Nya kepada malaikat-malaikat, diberitakan di antara bangsa-bangsa yang tidak mengenal Tuhan; yang dipercayai di dalam dunia, diangkat dalam kemuliaan.

Yohanes 8:58 ata Yesus kepada mereka: Aku berkata kepadamu, sesungguhnya sebelum Abraham jadi, Aku telah ada.

Yohanes 1:1 Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Tuhan dan Firman itu adalah Tuhan; 14  Firman itu telah menjadi manusia, dan diam di antara kita, dan kita telah melihat kemuliaan-Nya, yaitu kemuliaan yang diberikan kepada-Nya sebagai Anak Tunggal Bapa, penuh kasih karunia dan kebenaran.

Yesaya 9:6 Sebab seorang anak telah lahir untuk kita, seorang putera telah diberikan untuk kita; lambang pemerintahan ada di atas bahunya, dan namanya disebutkan orang: Penasihat Ajaib, Tuhan yang Perkasa, Bapa yang Kekal, Raja Damai..

Mat 1:23 Sesungguhnya, anak dara itu akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki, dan mereka akan menamakan Dia Imanuel –yang berarti: Tuhan menyertai kita..

Wahyu 1:8 Aku adalah Alfa dan Omega, firman Tuhan, yang ada dan yang sudah ada dan yang akan datang, Yang Mahakuasa.  18  dan Yang Hidup. Aku telah mati, namun lihatlah, Aku hidup, sampai selama-lamanya dan Aku memegang segala kunci maut dan kerajaan maut.

Yohanes 14:9 Kata Yesus kepadanya: “Telah sekian lama Aku bersama-sama kamu, Filipus, namun engkau tidak mengenal Aku? Barangsiapa telah melihat Aku, ia telah melihat Bapa; bagaimana engkau berkata: Tunjukkanlah Bapa itu kepada kami?

Yohanes 10:30 Aku dan Bapa adalah satu.

Seorang anak akan lahir (Yesus) dan ia akan disebut “Tuhan yang perkasa”, “Bapa yang kekal”, “Tuhan beserta kita”. Tuhan terwujud dalam daging (Yesus). Firman itu adalah Tuhan dan menjadi manusia (Yesus). Siapa yang tinggal dan mati? Yesus. Yesus berkata, “Sebelum Abraham jadi, Aku.” Sekarang ada pernyataan yang kuat! Yesus adalah Tuhan! Dia yang telah melihat Yesus, telah melihat Bapa. Yesus berkata, “Aku dan Bapa adalah satu.” Mereka adalah satu dan sama.

Kami telah membuktikan dua hal sejauh ini: Hanya ada satu Tuhan, dan bahwa Yesus adalah Tuhan. Itu berarti bahwa Yesus adalah bahwa satu Tuhan!

Ia adalah gambar Tuhan yang tidak kelihatan.

2 Korintus 4:4 yaitu orang-orang yang tidak percaya, yang pikirannya telah dibutakan oleh Tuhan zaman ini, sehingga mereka tidak melihat cahaya Injil tentang kemuliaan Kristus, yang adalah gambaran Tuhan.

Ibrani 1:3 Ia adalah cahaya kemuliaan Tuhan dan gambar wujud Tuhan dan menopang segala yang ada dengan firman-Nya yang penuh kekuasaan. Dan setelah Ia selesai mengadakan penyucian dosa, Ia duduk di sebelah kanan Yang Mahabesar, di tempat yang tinggi:

Kolose 1:15 Ia adalah gambar Tuhan yang tidak kelihatan, yang sulung, lebih utama dari segala yang diciptakan:

Saya ingin menunjukkan sebuah ayat yang sangat penting bahwa kebanyakan orang tidak mengerti. 

Dalam Yohanes 1:1 dikatakan bahwa pada mulanya adalah Firman, dan Firman itu bersama Tuhan, dan Firman itu adalah Tuhan. Kata “Firman” itu ditafsirkan dari logos kata asli Yunani, yang berarti “Ekspresi Ilahi”. Kita tahu bahwa beberapa kali dalam Perjanjian Lama, Tuhan menyatakan diri-Nya dalam wujud seperti malaikat. Dia makan dengan Abraham, ia bergumul dengan Yakub, dll. Ini adalah Ekspresi Ilahi Tuhan sebelum Dia benar-benar menjadi manusia. Ekspresi Ilahi ini ada sebelum dasar bumi diciptakan (1 Pet 1:20). Yohanes 1:14 mengatakan bahwa Firman, atau Expression Ilahi, telah menjadi manusia dan tinggal di antara kita. Kita tahu bahwa Expression Ilahi adalah Tuhan dan bersama-sama dengan Tuhan sebelum dasar bumi diciptakan. Sangat penting untuk memahami bahwa Expression Ilahi selalu adalah dan selalu bersama-sama dengan Tuhan. Muncul dalam bentuk malaikat sebelum Dia membuatnya terbungkus dalam daging yang sebenarnya dengan kelahiran Yesus Kristus. Tuhan memang menakjubkan!

Silakan lihat dua ayat berikut dengan seksama:

Yesaya 44:6 Beginilah firman TUHAN, Raja dan Penebus Israel, TUHAN semesta alam: “Akulah yang terdahulu dan Akulah yang terkemudian; tidak ada Tuhan selain dari pada-Ku.

Wahyu 1:17 Ketika aku melihat Dia, tersungkurlah aku di depan kaki-Nya sama seperti orang yang mati; tetapi Ia meletakkan tangan kanan-Nya di atasku, lalu berkata: “Jangan takut! Aku adalah Yang Awal dan Yang Akhir, 18  dan Yang Hidup. Aku telah mati, namun lihatlah, Aku hidup, sampai selama-lamanya dan Aku memegang segala kunci maut dan kerajaan maut.

Tuhan berbicara dalam Yesaya, menyatakan bahwa Dia adalah yang pertama dan yang terakhir, bahwa Dia adalah Tuhan dan tidak ada Tuhan selain Dia. Dalam Wahyu, Yesus berbicara kepada Yohanes, menyatakan bahwa Dia adalah yang pertama dan yang terakhir, bahwa Dia hidup dan mati, tetapi hidup selamanya. Luangkan waktu untuk benar-benar mencerna kebenaran ini …Mengapa Yesus “berdoa kepada Bapa”?

Hal ini bisa sangat membingungkan jika kita tidak mengerti bahwa sebagai manusia yang memiliki daging dan darah, Yesus, adalah seorang manusia seperti anda dan saya. Dia adalah “benih perempuan”, seorang pria yang lahir dari seorang wanita sama seperti semua manusia. Tuhan menanam benih di Maria, namun Dia tumbuh di dalam rahim dan dilahirkan bayi dan tumbuh menjadi seorang pria. Itu adalah cara Tuhan untuk hidup di antara kita sebagai manusia untuk memenuhi rencana-Nya penebusan dan menyelamatkan kita dengan mencurahkan darah-Nya dan mati bagi kita. Dia adalah manusia yang dibuat sama persis dengan kita, yang merasakan hal yang sama kita rasakan, seperti sakit, lapar, dll Ketika ia diejek dan dipukuli dan digantung di kayu salib, ia merasa setiap hal yang sama seperti yang akan anda dan saya rasakan. Inilah; dalam rangka agar Tuhan dicobai dalam segala bentuksebagaimana kita; Ibrani 4:15 “Sebab Imam Besar yang kita punya, bukanlah imam besar yang tidak dapat turut merasakan kelemahan-kelemahan kita, sebaliknya sama dengan kita, Ia telah dicobai, hanya tidak berbuat dosa”, Dia harus dibuat sama dalam segala aspek seperti kita!

Pikirkan tentang hal ini sebentar. Tuhan dapat melakukan apapun bahkan jika kita tidak bisa memahami bagaimana atau mengapa Dia melakukannya. Alkitab memberitahu kita bahwa Tuhan tidak dapat dicobai, sehingga untuk mengalami pencobaan dan memenuhi rencana-Nya Ia harus menjadi seorang manusia dan menjadi orang yang bisa dicobai.

Yesus melakukan banyak hal dengan contoh dan memimpin dengan memberi contoh. Ia melakukan hal-hal itu sebagai manusia sehingga kita tahu melalui teladan-Nya apa yang harus kita lakukan. Dia berdoa, dibaptis, berpuasa, tetapi Dia melakukan semua hal ini untuk kita, bukan untuk diri-Nya. Dalam Yohanes 12, Yesus berdoa kepada Bapa dan suara terdengar dari langit. Kemudian Yesus mengatakan kepada mereka bahwa itu untuk mereka, bukan sendiri.

Yoh 12:30  Jawab Yesus: Suara itu telah terdengar bukan oleh karena Aku, melainkan oleh karena kamu.

Agar dapat memahami, kita harus ingat bahwa banyak hal telah dilakukan sehingga kita bisa memahaminya dalam istilah manusia. Yesus kadang-kadang berbicara dan melakukan hal-hal sebagai Tuhan dengan otoritas-Nya dan pada kali lain berbicara dan melakukan hal-hal sebagai seorang manusia untuk membawa hal-hal tersebut pada tingkat pemahaman kita dan menjadi contoh dari apa yang berkenan kepada-Nya. Sulit untuk mengerti, tetapi kita harus ingat bahwa kita tidak bisa memahami Tuhan dan bahwa kita mungkin mendapatkan diri kita dalam masalah dengan mencoba mencocokannya dalam pikiran kita melalui filsafat. Sebagai manusia, Yesus, benar-benar tunduk pada Roh Kudus. Dia bukan manusia biasa seperti anda dan saya, tapi Dia adalah Tuhan yang terwujud dalam daging seperti yang dikatakan dalam Alkitab. Dia adalah manusia yang sangat istimewa. Dia bukan boneka seperti arti kata boneka tersebut, tetapi Dia benar-benar tunduk total kepada Tuhan sedemikian sehingga segala sesuatu yang dilakukan-Nya dipandu olh Roh sehingga Dia hanya mengatakan dan melakukan apa yang menjadi kehendak Tuhan saja.  Yohanes3:34 Sebab siapa yang diutus Tuhan, Dialah yang menyampaikan firman Tuhan, karena Tuhan mengaruniakan Roh-Nya dengan tidak terbatas. Ia adalah tubuh dari Tuhan, Tuhan dalam wujud daging manusia.

Dan juga, Dia adalah gambar dari Tuhan yang tidak kelihatan. Memahami hal ini sungguh sangat penting!

2 Korintus 4:4 yaitu orang-orang yang tidak percaya, yang pikirannya telah dibutakan oleh allah zaman ini, sehingga mereka tidak melihat cahaya Injil tentang kemuliaan Kristus, yang adalah gambaran Tuhan.

Ibrani 1:3 Ia adalah cahaya kemuliaan Tuhan dan gambar wujud Tuhan dan menopang segala yang ada dengan firman-Nya yang penuh kekuasaan. Dan setelah Ia selesai mengadakan penyucian dosa, Ia duduk di sebelah kanan Yang Mahabesar, di tempat yang tinggi:

Kolose 1:15 Ia adalah gambar Tuhan yang tidak kelihatan, yang sulung, lebih utama dari segala yang diciptakan:

Bagaimana bisa kita katakan bahwa Yesus adalah “pribadi” yang terpisah dari suatu trinitas sementara Ibrani secara khusus mengatakan bahwa Yesus adalah ungkapan citra dari Tuhan dalam daging, bahwa Dia adalah gambar Tuhan yang tidak kelihatan? Ini jelas tidak menunjukkan bahwa ada tiga orang atau tiga entitas yang berbeda yang membentuk Tuhan. Seseorang tidak dapat mengabaikan pernyataan langsung tanpa penjelasan dari Tuhan dengan menciptakan konsep-konsep teologis yang didasarkan pada anggapan karena ada hal-hal yang tidak kita mengerti. Salah satu argument yang pernah saya dengar adalah bahwa Yesus berkata bahwa Bapa tahu segala hal yang Yesus tidak tahu, tapi bahkan jika anda percaya bahwa Yesus adalah individu yang terpisah dari trinitas, anda percaya Dia adalah salah satu bagian dari keseluruhan yang merupakan Ketuhanan dan sudah ada bahkan sebelum dunia diciptakan , bukan? Jadi Dia masih bagian dari “Satu” yang adalah Tuhan dan akan tahu segala sesuatu yang Tuhan tahu. Argumen ini tidak menambah kredibilitas konsep orang yang terpisah atau berbeda dari Ketuhanan karena tidak mengubah dinamika pengetahuan tentang Tuhan. Tuhan hanya memilih untuk mengungkapkan hal-hal tertentu untuk diri-Nya dalam tubuh Kristus ketika ia berada di bumi sebagai manusia seperti Dia menyerahkan keistimewaan diri-Nya untuk dicobai ketika Dia hidup sebagai seorang manusia yang tinggal di antara kita. Ini di luar pemahaman kita, tetapi bagaimanapun hal itu adalah kebenaran .

Sebagai contoh: Kejadian 1:26 Berfirmanlah Tuhan: “Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, …: Apakah hal itu berarti Tuhan ada tiga? Tentu tidak, sebab Tuhan menyatakan dengan jelas bahwa Ia adalah esa, dan esa, dan esa, berulang kali di Alkitab.

Hanya karena kita tidak mengerti apa yang Dia katakan bukan berarti kita harus membuat sesuatu untuk membuatnya cocok dalam pikiran kita. Mungkin hal itu sesederhana misalkan bahwa Tuhan ketika mengatakannya mengikutkan yang berada di sekitar-Nya (para malaikat)? Lihatlah Kejadian 18 dan 19. Pada ayat 18:1 kita melihat bahwa Tuhan menampakkan diri kepada Abraham. Dalam ayat 2 kita melihat bahwa ada 3 orang yang menampakkan diri kepada Abraham. Selama peristiwa selanjutnya di pasal tersebut kita menemukan bahwa salah satu dari mereka adalah TUHAN (ayat 18:22), bersama dua orang malaikat yang dikirim Tuhan untuk menghancurkan Sodom dan Gomora (ayat 19:1 dan 19:13). Dalam ayat 19:13, salah satu malaikat berkata, “kami akan memusnahkan tempat ini” dan kemudian Tuhan mengutus mereka untuk melakukannya, tetapi kemudian Tuhan sendiri (ayat 19:24) membuat hujan jatuh dari langit. Tuhan melibatkan malaikat-Nya selama peristiwa ini, tapi mereka bukan Tuhan, tetapi Dia-lah yang berkuasa melakukannya. Dalam penciptaan Dia mengatakan, “Baiklah kita menjadikan manusia menurut gambar kita”, dan kemudian Tuhan melanjutkan untuk menciptakan manusia itu menurut gambar-Nya, bukan menurut “gambar mereka”. Kej 1:27 Maka Tuhan menciptakan manusia itu menurut gambar-Nya … Apakah terlalu banyak mengada-ngada untuk hanya menyimpulkan dari apa yang dikatakan Tuhan dan memahami bahwa Dia adalah esa, dan bahwa Dia melibatkan malaikat-Nya dalam hal-hal yang Dia lakukan?

Kita juga harus memahami bahwa beberapa hal disisipkan dengan sengaja ke dalam Alkitab yang kita baca sekarang dengan pemikiran bahwa manusia membuatnya lebih mudah dipahami. Ini adalah beberapa contoh:

Yesaya 41:4 Siapakah yang melakukan dan mengerjakan semuanya itu? Dia yang dari dahulu memanggil bangkit keturunan-keturunan, Aku, TUHAN, yang terdahulu, dan bagi mereka yang terkemudian Aku tetap Dia juga.

Kata “bagi mereka” disisipkan dan tidak pernah ada di teks aslinya. Bunyinya sama persis dengan Yesaya 44:6 yang telah ditulis di atas. Ayat itu berkata,  “Akulah yang terdahulu dan Akulah yang terkemudian; tidak ada Tuhan selain dari pada-Ku.” Mengapa mereka menyisipkan kata “bagi mereka”? Tulisan asli Ibrani Yesaya 41:4 sama persis dengan yang digunakan di Yesaya 44:6.

Berikut ini adalah contoh lain dimana mereka menyisipkan banyak kata yang sungguh mengherankan saya:

1 Yohanes 5:7 Sebab ada tiga yang memberi kesaksian (di dalam sorga: Bapa, Firman dan Roh Kudus; dan ketiganya adalah satu. 8  Dan ada tiga yang memberi kesaksian di bumi): Roh dan air dan darah dan ketiganya adalah satu..

Teks ini pastilah terdengar seperti ada tiga Tuhan, benar!? Tetapi jika kita melihat teks asli Yunaninya, ada bagian dalam tanda kurung yang dimasukkan oleh orang-orang yang menerjemahkannya! Dalam bahasa Yunani asli itu berbunyi, “Sebab ada tiga yang memberi kesaksian: Roh dan air dan darah dan ketiganya adalah satu.” Semua kata lain yang dimasukkan oleh manusia. Kenapa? Apakah mereka percaya pada “trinitas”?

Siapakah Roh Kudus?

Lukas 1:35 Jawab malaikat itu kepadanya: “Roh Kudus akan turun atasmu dan kuasa Tuhan Yang Mahatinggi akan menaungi engkau; sebab itu anak yang akan kaulahirkan itu akan disebut kudus, Anak Tuhan.

Matius 1:18 Kelahiran Yesus Kristus adalah seperti berikut: Pada waktu Maria, ibu-Nya, bertunangan dengan Yusuf, ternyata ia mengandung dari Roh Kudus, sebelum mereka hidup sebagai suami isteri.

Apakah Roh Kudus ayah dari Yesus? Kemudian apa yang dimaksud dengan “Bapa”? Tentunya mereka satu dan sama.

Dalam Kisah Para Rasul, ketika Roh Kudus dicurahkan, Petrus memberitahu orang banyak bahwa hal itu adalah penggenapan dari yang dinubuatkan Yoel, ketika Tuhan mencurahkan Roh-Nya ke atas umat manusia.

Kisah 2:16 tetapi itulah yang difirmankan Tuhan dengan perantaraan nabi Yoel:17  Akan terjadi pada hari-hari terakhir–demikianlah firman Tuhan–bahwa Aku akan mencurahkan Roh-Ku ke atas semua manusia:

Yoel 2:28 “Kemudian dari pada itu akan terjadi, bahwa Aku akan mencurahkan Roh-Ku ke atas semua manusia, maka anak-anakmu laki-laki dan perempuan akan bernubuat; orang-orangmu yang tua akan mendapat mimpi, teruna-terunamu akan mendapat penglihatan-penglihatan.;

Tuhan itu Roh. Roh Kudus adalah roh tersebut. Mudah bukan.

Yohanes 4:24 Tuhan itu Roh dan barangsiapa menyembah Dia, harus menyembah-Nya dalam roh dan kebenaran.

Di Kejadian bahkan kita lihat bahwa Roh Tuhan (Roh Kudus) adalah Pencipta, sang Bapa.

Kejadian 1:2 Bumi belum berbentuk dan kosong; gelap gulita menutupi samudera raya, dan Roh Tuhan melayang-layang di atas permukaan air.

Saya mendapatkan kesempatan bebas membandingkan tulisan bahasa Yunani dan bahasa Ibrani dari kata “spirit” dan “ghost”, di Perjanjian Baru dan Perjanjian Lama, agar saya bisa memahami dalam pikiranku sendiri. Saya dapatkan kata Yunani yang sama dipakai ketika mereka menterjemahkan ke dalam bahasa Inggris sebagai “Spirit” dan “Ghost” di dalam Perjanjian Baru (maksudnya “Holy Spirit” dan “Holy Ghost”), dan kata bahasa Ibrani yang dipakai untuk mengucapkan “Spirit of God” di Perjanjian Lama, seperti di ayat Kejadian 1:2, memiliki arti yang sama dengan tulisan bahasa Yunani yang dipakai di Perjanjian Baru. Hal ini merupakan bukti yang positif yang menunjukkan keduanya tidak ada perbedaan dan tidak ada pemisahaan, keduanya berarti Rohnya Tuhan.

Yesus berkata bahwa Ia akan datang sebagai penghibur, yaitu Roh Kudus. Hal ini tidak bisa berarti lain, yaitu bahwa Yesus adalah Roh Kudus juga. Yesus adalah satu-satunya Tuhan!

Yohanes 14:16 Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya, 17  yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu. 18  Aku tidak akan meninggalkan kamu sebagai yatim piatu. Aku datang kembali kepadamu.

Jika Roh Tuhan tinggal di dalammu, Roh Kristus di dalammu. Roh Kristus adalah Roh Kudus.

Roma 8:9 Tetapi kamu tidak hidup dalam daging, melainkan dalam Roh, jika memang Roh Tuhan diam di dalam kamu. Tetapi jika orang tidak memiliki Roh Kristus, ia bukan milik Kristus. 10  Tetapi jika Kristus ada di dalam kamu, maka tubuh memang mati karena dosa, tetapi roh adalah kehidupan oleh karena kebenaran.

Tuhan telah mengirimkan Roh Anak-Nya ke dalam hati kita. Roh Sang Anak adalah roh yang sama dengan Roh Kudus. Yesus, Tuhan, Roh Kudus, Bapa, Anak, adalah satu dan sama.

Gal 4:6 Dan karena kamu adalah anak, maka Tuhan telah menyuruh Roh Anak-Nya ke dalam hati kita, yang berseru: “ya Abba, ya Bapa.

Para nabi dari Perjanjian Lama menubuatkan Kristus melalui Roh Kristus. Kata-kata ini bisa dipertukarkan. Roh Tuhan, Roh Kudus “Holy Spirit dan Holy Ghost”, Roh Kristus, semuanya adalah sama yaitu Tuhan.

1 Peter 1:10-12 Keselamatan itulah yang diselidiki dan diteliti oleh nabi-nabi, yang telah bernubuat tentang kasih karunia yang diuntukkan bagimu. 11  Dan mereka meneliti saat yang mana dan yang bagaimana yang dimaksudkan oleh Roh Kristus, yang ada di dalam mereka, yaitu Roh yang sebelumnya memberi kesaksian tentang segala penderitaan yang akan menimpa Kristus dan tentang segala kemuliaan yang menyusul sesudah itu. 12  Kepada mereka telah dinyatakan, bahwa mereka bukan melayani diri mereka sendiri, tetapi melayani kamu dengan segala sesuatu yang telah diberitakan sekarang kepada kamu dengan perantaraan mereka, yang oleh Roh Kudus, yang diutus dari sorga, menyampaikan berita Injil kepada kamu, yaitu hal-hal yang ingin diketahui oleh malaikat-malaikat.

Bagaimana ini bisa?

Ini sangat sulit bagi kita untuk memahami sebagai makhluk yang terbatas tapi di sini ada pemikiran yang dapat membantu anda: Tubuh Yesus adalah batas dari yang tak berbatas, yang terlihat dari yang tak terlihat, yang berhingga dari yang tak berhingga. Kita memiliki baik roh dan tubuh, tapi kita adalah satu orang. Tuhan adalah Roh (Yohanes 4:24). Yesus adalah Tuhan yang dimanifestasikan dalam tubuh daging, sehingga Dia bisa berjalan di antara kita sebagai manusia untuk memenuhi tujuan-Nya (untuk menyelamatkan kita).

Kol 1:15 (Yesus) adalah gambar Tuhan yang tidak kelihatan…

Apa nama dari Bapa, Putra dan Roh Kudus?

Bapa, Putra dan Roh Kudus adalah gelar, bukan nama.

Mat 28:19 Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus:

Yesus berbicara kebenaran dan Dia tahu bahwa para rasul memahami apa yang Dia ucapkan. Dia mengatakan “nama”, bukan “nama-nama”. Dan apa nama Bapa, Putra dan Roh Kudus? Hanya ada satu yang memiliki semua gelar. Yesus adalah nama-Nya. Setiap catatan baptisan dalam kitab Kisah Para Rasul menunjukkan bahwa Rasul mematuhi perintah ini dengan membaptis dalam nama Yesus, atau dalam nama Tuhan (Yesus).

Kisah 4:12 Dan keselamatan tidak ada di dalam siapapun juga selain di dalam Dia, sebab di bawah kolong langit ini tidak ada nama lain yang diberikan kepada manusia yang olehnya kita dapat diselamatkan.

Tidak ada nama lain di bawah kolong langit yang diberikan kepada manusia, yang dengannya kita diselamatkan.

Jika Anda masih belum yakin, inilah pertanyaan yang sangat penting: Apakah Yesus ada dalam diri Tuhan  atau Tuhan dalam diri Yesus?

Kol 2:9 sebab dalam Dialah berdiam secara jasmaniah seluruh kepenuhan ke-Tuhanan.

Kita diberikan Roh Tuhan ketika Roh Kudus tinggal di dalam kita, tetapi terbatas. Perbedaannya adalah bahwa keseluruhan ke-Tuhanan itu berdiam di dalam Yesus Kristus. Itulah artinya ketika dikatakan bahwa semua seluruh kepenuhan ke-Tuhanan berdiam di dalam Yesus Kristus.

Yoh 3:34 Sebab siapa yang diutus Tuhan, Dialah yang menyampaikan firman Tuhan, karena Tuhan mengaruniakan Roh-Nya dengan tidak terbatas.

Itu tidak berarti bahwa Tuhan hanya ada dalam daging, tidak sama sekali. Kami tidak menyembah daging Yesus, kita menyembah Roh yang adalah Tuhan. Tuhan adalah roh, bukan daging. Yesus adalah Anak Tuhan, tetapi Dia adalah Firman diwujudkan dalam daging “pada” satu-satunya anak tunggal dari Bapa (Yohanes 1:14), yang juga Bapa kita. Roh Kudus adalah “Bapa” dari daging Yesus dalam cara kita memahami hal-hal fisik. Dia masuk ke dalam Maria untuk menghasilkan manusia untuk memenuhi rencana-Nya yang besar. Manusia Yesus adalah “Anak” Tuhan dalam cara kita tahu bagaimana memahaminya.

Tuhan adalah satu dan hanya satu. Namanya adalah Yesus.

Apakah ada sesuatu yang disebut suatu “trinitas” atau suatu “tiga-dalam-satu-kesatuan”?

Banyak orang yang diajarkan bahwa ada tiga entitas berbeda yang membentuk apa yang kita tahu untuk menjadi satu dan hanya satu Tuhan. Beberapa orang yang mengajarkan doktrin ini akan mengakui bahwa Tuhan adalah satu dan hanya satu, tetapi dalam kalimat yang sama akan mengatakan bahwa ada tiga entitas yang terpisah dan berbeda yang membentuk satu Tuhan.

Hal ini tidak sesuai dengan Kitab Suci sama sekali. Ya, Tuhan memiliki beberapa jawatan atau gelar, dan tiga dari gelar yang tercantum dalam Alkitab adalah sebagai Bapa, Putra dan Roh Kudus. Saya juga seorang ayah, seorang anak, seorang saudara, seorang suami, dan banyak hal lainnya, tapi saya hanya satu orang. Jawatan Tuhan ini, Bapa, Anak, Roh Kudus hanya judul dan tidak dengan cara apapun membuat Tuhan menjadi tiga entitas yang berbeda. Tidak ada “trinitas” diajarkan di mana saja dalam Alkitab. Tidak pernah disebutkan dalam Perjanjian Lama atau Baru, itu tidak pernah diajarkan oleh Yesus dan tidak pernah diajarkan oleh para Rasul. Ini sebenarnya adalah sebuah konsep yang diciptakan kembali sekitar 200 AD dan diindoktrinasi oleh gereja Katolik Roma saat gereja tersebut didirikan pada sekitar 325 AD.  Tuhan tidak mengajarkan hal ini, mengapa malah kita mengajarkan? Sebaiknya kita tidak mengajarkannya.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: