2.2 – Penipuan

Hal pertama sebelum kita mulai: Kita tidak pernah bisa lupa siapa musuh kita. Dia adalah master kebohongan. Dia bisa menipu yang paling cerdas dan paling bijaksana dari kita dengan trik yang dia digunakan dan disempurnakan dari waktu ke waktu. Dia sudah bekerja keras untuk menipu umat manusia selama enam ribu tahun atau lebih. Siapa pun yang berpikir bahwa mereka bisa mengakali dia atau bisa menebak maksudnya lebih baik berpikir sekali lagi. Dia ingin setiap orang yang percaya ada Tuhan untuk percaya bahwa mereka akan diselamatkan, yaitu ketika mereka sendiri tidak diselamatkan. Dia ingin disembah seperti Tuhan. Jika kita percaya kepada Tuhan dan merasa nyaman bahwa kita akan pergi ke surga kelak ketika kita mati, maka dia telah lakukan dengan pekerjaannya dengan sukses dan lebih dapat memfokuskan perhatiannya pada orang yang sungguh-sungguh mencari satu Tuhan yang benar. Tentu saja, musuh kita akan lebih suka kalau kita tidak percaya pada Tuhan sama sekali. Dia disebut setan, Lucifer, si jahat, naga, bapa segala dusta, dll. Dia menggunakan orang untuk membantu dia menipu orang lain dengan cara meyakinkan orang bahwa kebohongan adalah kebenaran sehingga orang-orang akan mengajarkan kebohongan bahwa kepada orang lain. Berikut adalah kebohongan besar yang telah membuat banyak Muslim bingung. Muslim akan mengakui bahwa Yesus Kristus adalah seorang nabi yang benar, tetapi menyangkal bahwa Ia adalah Mesias (meskipun beberapa Muslim barat akan mengatakan Dia adalah ‘yang diurapi’), mereka akan menyangkal bahwa Dia adalah Tuhan yang dimanifestasikan dalam daging pada Sang Putra (Yohanes 1 : 14), dan mereka akan menyangkal bahwa Ia mati di kayu salib dan bangkit kembali. Apakah itu masuk akal? Tentu saja tidak, tetapi kebanyakan Muslim bahkan belum pernah memikirkan hal ini karena mereka kepercayaan akan kebohongan itu begitu dalam sehingga mereka tidak mempertanyakan iman mereka. Keyakinan tersebut tentu bukanlah kebenaran karena Yesus Kristus sendiri mengatakan bahwa Ia adalah Mesias, dan berkata Dia adalah Sang Putra!

Yohanes 4:26 Kata Yesus kepadanya: “Akulah Dia, yang sedang berkata-kata dengan engkau.”.

Yohanes 9:35 Yesus mendengar bahwa ia telah diusir ke luar oleh mereka. Kemudian Ia bertemu dengan dia dan berkata: “Percayakah engkau kepada Anak Manusia?” 36  Jawabnya: “Siapakah Dia, Tuhan? Supaya aku percaya kepada-Nya.” 37  Kata Yesus kepadanya: “Engkau bukan saja melihat Dia; tetapi Dia yang sedang berkata-kata dengan engkau, Dialah itu!”.

Itu akan membuat Dia seorang nabi palsu sesuai dengan keyakinan Islam! Bagaimana bengkok itu? Tapi itu sebuah kebohongan yang diyakini oleh satu setengah miliar orang. Kita benar-benar harus percaya bahwa Yesus Kristus adalah Tuhan yang terwujud dalam daging, disalibkan bagi dosa-dosa kita dan bangkit kembali. Ini adalah Injil!

Kedua: Jika ada sesuatu pasal yang dijabarkan dalam Alkitab di satu tempat, tapi ada di bagian lain yang tampaknya seperti itu mungkin mengatakan sesuatu yang berbeda, tetapi tidak begitu jelas, percayalah bahwa hal yang itulah yang sedang dijelaskan dengan gamblang! Begitu banyak orang mencoba untuk menuntun orang lain menyusuri jalan palsu yang disebut “interpretasi” dengan menunjukkan mereka hal-hal yang tidak secara jelas menunjukkan kebenaran yang tepat dan memberi mereka “definisi” mereka untuk bagian yang menurut mereka misterius itu. Ini adalah misteri Tuhan. Dia melakukannya dengan sengaja untuk memberikan orang-orang yang tidak sungguh sungguh mencintai kebenaran alasan untuk mereka cari. Jangan dengarkan orang-orang, atau membaca tafsiran mereka dan penjelasan dari Alkitab tanpa memeriksa bagian Alkitab yang lain. Alkitab penuh dengan frase dan bagian-bagian yang sulit untuk dipahami, dan itu sebagian besar disebabkan oleh perbedaan budaya karena perbedaan waktu dan perbedaan orang. Alkitab hampir selalu secara khusus menunjukkan kebenaran secara terang-terangan, biasanya di lebih dari satu tempat, dan Alkitab tidak bisa berbohong! Alkitab tidak dapat bertentangan dengan dirinya sendiri, dan siapa pun yang mencoba untuk meyakinkan anda bahwa isi Alkitab itu dapat saling bertentangan maka ia sedang mencoba memberitahu anda bahwa Tuhan adalah pembohong! Jangan dengar mereka! Baca Alkitab sendiri! Dan jangan lupa, ada bahaya besar bila mengambil ayat-ayat Kitab Suci di luar konteks dan salah menafsirkannya!

Ada banyak, banyak sekali peringatan akan ajaran sesat.

Sebagai contoh:

Kol 2:8 Hati-hatilah, supaya jangan ada yang menawan kamu dengan filsafatnya yang kosong dan palsu menurut ajaran turun-temurun dan roh-roh dunia, tetapi tidak menurut Kristus.

2 Kor 11:3 Tetapi aku takut, kalau-kalau pikiran kamu disesatkan dari kesetiaan kamu yang sejati kepada Kristus, sama seperti Hawa diperdayakan oleh ular itu dengan kelicikannya.

Pada akhir zaman, saat kita hidup di saat ini, Yesus mengatakan bahwa akan ada banyak nabi palsu (mereka yang tidak mengajarkan kebenaran, tetapi berpura-pura datang dalam nama Yesus) dan mereka akan menyesatkan banyak orang.

Mat 24:11 Banyak nabi palsu akan muncul dan menyesatkan banyak orang.

Oleh karena itu jangan biarkan orang membengkokkan pikiran anda. Carilah kebenaran Tuhan dengan segenap hatimu dan Ia akan membawa anda ke sana! Jika anda sudah memiliki ide atau hal-hal yang telah Anda percaya selama bertahun-tahun, cobalah untuk berpikir terbuka dan lupakan hal-hal itu untuk sementara waktu dan sungguh-sungguh mencari kebenaran! Saya tidak mengatakan anda tidak bisa kembali ke pemikiran itu, karena untuk semua aku tahu kau mungkin benar, tetapi cobalah untuk membuat jalan bagi kebenaran baru untuk masuk ke dalam pikiran anda tanpa bergegas menolaknya. Jika itu benar, maka Tuhan akan mengungkapkan kepada Anda melalui firman-Nya.

Kebanyakan orang tidak akan mengerti.

Agar Kitab Suci dapat melebur dan saling sesuai sepenuhnya, secara total, dan tepat satu sama lain membutuhkan penafsiran yang sangat sempit, ketat, terbatas dan sangat presisi yang akan menghasilkan suatu kebenaran yang tepat bahwa “hanya beberapa orang” yang akan dapat memahami dan memiliki kesesuaian.

Mat 7:13 Masuklah melalui pintu yang sesak itu, karena lebarlah pintu dan luaslah jalan yang menuju kepada kebinasaan, dan banyak orang yang masuk melaluinya; 14  karena sesaklah pintu dan sempitlah jalan yang menuju kepada kehidupan, dan sedikit orang yang mendapatinya.

Manusia yang penuh dosa dan bertindak sekehendak hatinya menginginkan jalan yang lebar, lapang, ngambang, penuh dengan penjelasan yang tidak jelas dan membingungkan yang bukan berfokus pada dosa dalam hidupnya.

2 Tim 4:3 Karena akan datang waktunya, orang tidak dapat lagi menerima ajaran sehat, tetapi mereka akan mengumpulkan guru-guru menurut kehendaknya untuk memuaskan keinginan telinganya.

Pernahkah anda mendengar seseorang berbicara tentang misteri Tuhan? Tuhan membungkus sesuatu dalam misteri dan menulis Alkitab sedemikian rupa sehingga anda tidak akan mengerti kecuali bila anda mencintai kebenaran dan mencari Dia dengan segenap hatimu! Beberapa akan mengatakan bahwa hal itu adalah masalah interpretasi, tapi hanya ada satu kebenaran, dan tidak ada “interpretasi” yang bisa mengubah itu. Jangan biarkan orang-orang yang telah tertipu untuk menipu Anda dengan dongeng dan kebohongan!

Dan Tuhan memberikan mereka kelonggaran yang mereka minta, sehingga mereka merasa nyaman dengan kebohongan!

2 Tes 2:10 dengan rupa-rupa tipu daya jahat terhadap orang-orang yang harus binasa karena mereka tidak menerima dan mengasihi kebenaran yang dapat menyelamatkan mereka:

Anda harus mencintai kebenaran dan mencari Tuhan dengan segenap hatimu atau Tuhan akan mengirim kesesatan sehingga Anda percaya akan kebohongan!

Mat 13:10 Maka datanglah murid-murid-Nya dan bertanya kepada-Nya: “Mengapa Engkau berkata-kata kepada mereka dalam perumpamaan?” 11  Jawab Yesus: “Kepadamu diberi karunia untuk mengetahui rahasia Kerajaan Sorga, tetapi kepada mereka tidak. 12  Karena siapa yang mempunyai, kepadanya akan diberi, sehingga ia berkelimpahan; tetapi siapa yang tidak mempunyai, apapun juga yang ada padanya akan diambil dari padanya. 13  Itulah sebabnya Aku berkata-kata dalam perumpamaan kepada mereka; karena sekalipun melihat, mereka tidak melihat dan sekalipun mendengar, mereka tidak mendengar dan tidak mengerti. 14  Maka pada mereka genaplah nubuat Yesaya, yang berbunyi: Kamu akan mendengar dan mendengar, namun tidak mengerti, kamu akan melihat dan melihat, namun tidak menanggap. 15  Sebab hati bangsa ini telah menebal, dan telinganya berat mendengar, dan matanya melekat tertutup; supaya jangan mereka melihat dengan matanya dan mendengar dengan telinganya dan mengerti dengan hatinya, lalu berbalik sehingga Aku menyembuhkan mereka .

Beberapa orang menolak untuk percaya kebenaran karena kemudian mereka harus mengubah gaya hidup mereka, dan Tuhan memberi mereka semua alasan yang mereka inginkan dengan misteri Dia menenun ke dalam Alkitab! Misteri Tuhan-lah yang memisahkan pencari kebenaran dari pencari alasan.

2 Kor 4:3 Jika Injil yang kami beritakan masih tertutup juga, maka ia tertutup untuk mereka, yang akan binasa, 4  yaitu orang-orang yang tidak percaya, yang pikirannya telah dibutakan oleh ilah zaman ini, sehingga mereka tidak melihat cahaya Injil tentang kemuliaan Kristus, yang adalah gambaran Tuhan.

Alkitab mengajarkan bahwa kita akan dianiaya.

2 Tim 3:12 Memang setiap orang yang mau hidup beribadah di dalam Kristus Yesus akan menderita aniaya.

Tidak seorangpun senang dipermainkan atau menjadi minoritas, tetapi:

Jika engkau termasuk salah satu ‘agama’ mayoritas; jika engkau percaya apa yang orang banyak percaya, maka saya anjurkan untuk membaca lagi Alkitab anda dan tanya Tuhan untuk menunjukkanmu kebenarannya!

Saya harus menceritakan suatu cerita pendek ini di sini, dan saya akan coba singkat saja…

Aku dibesarkan di sebuah gereja Baptis ketika masih muda dan keluarga saya pindah ke Protestan yang lebih liberal di awal remaja saya. Adik saya meninggal ketika saya berusia 11 tahun dan saya mulai berpaling dari Tuhan pada titik itu dalam hidup saya, menyalahkan-Nya dan membenci-Nya untuk apa yang saya pikir Dia lakukan. Saya pikir Tuhan membuat adikku mati, dan saya juga menyalahkan diriku sendiri karena tidak berada di sana untuk menyelamatkannya. Hari ini, saya tahu bahwa ini bukan kebenaran. Itu bukan Tuhan yang membunuhnya dan itu pasti tidak sampai ke saya untuk berada di sana untuk menyelamatkannya. Tapi sebagai seorang anak kecil aku tidak mengerti. Hari ini, saya mengerti bahwa hal-hal berubah karena dosa, dan bahwa kejahatan dalam hati manusia dan tipu daya setan sudah cukup untuk membuat hal-hal yang mengerikan dan terjadi di dunia saat ini. Aku menghabiskan sekitar 30 tahun berpaling dari Tuhan. Aku melakukan banyak hal yang tidak aku banggakan waktu itu. Saya tidak ingin orang berpikiran buruk tentang saya, tapi saya akan jujur dengan anda dan memberitahu Anda bahwa saya telah melakukan narkoba, alkohol, kejahatan, dll . Aku mengikuti jalan dunia dan cara manusia ke jalan yang salah. Saya seharusnya sudah mati berulang-kali, tapi Tuhan membuat saya hidup sepanjang waktu itu dan membawa saya ke tempat saya sekarang, dan saya tidak bisa cukup memuji nama-Nya atau bersyukur kepadaNya! Jika saat itu saya mati, saya tidak percaya bahwa saya akan bersama Yesus. Itu suatu pemikiran yang sangat menyadarkan. Ketika akhirnya saya kembali dan mulai mencari Tuhan, aku menemukan diriku di sebuah gereja yang sangat mirip dengan gereja-gereja Protestan liberal dimana dulu saya pergi sebagai seorang anak. Saya percaya bahwa saya berada di tempat yang tepat dan bisa mempercayai orang-orang yang memimpin gereja untuk mengajarkan kebenaran. Aku pergi ke studi Alkitab dan beribadah secara reguler dan mulai mencari kebenaran, ingin mengenal Tuhan dan memahami FirmanNya. Setelah beberapa saat, aku mulai melihat banyak perbedaan antara hal-hal yang dikatakan dan apa yang saya baca di Alkitab. Aku tahu apanya yang berbeda, tapi aku terus merasa dorongan dalam hati dan merasa ada sesuatu yang tidak beres. Jadi, saya mulai membaca Alkitab sendiri dan mencari pemahaman. Setelah beberapa saat, aku mulai bertanya pendeta saya tentang hal-hal yang kutemukan di Alkitab dan aku hanya tidak bisa percaya pada alasan asal-asalan yang ia berikan pada saya mengapa ia mengajarkan seperti itu! Jangan salah paham di sini, aku tidak menuduh siapa pun atau mengatakan bahwa pendeta atau pelayan mimbar yang salah atau komplain bahwa anda tidak sedang diajarkan kebenaran yang benar, saya hanya mencoba mengaitkan cerita saya seperti apa yang terjadi pada saya. Saya benar-benar kagum bagaimana ia bisa memanipulasi kitab suci untuk membuat apa yang ia inginkan supaya benar, tampak menjadi seperti kebenaran, tetapi kebenaran itu mudah untuk dilihat yaitu ketika saya membaca apa yang dikutip dan membaca seluruh isi buku atau pasal untuk melihat sebenarnya artinya. Saya terutama sekali memperoleh pemahaman firman yang jauh lebih baik ketika saya untuk pertama kalinya membaca Perjanjian Baru secara keseluruhan. Maksud saya disini adalah, bahwa saya pikir saya benar-benar telah diselamatkan dan berpikir saya tahu kebenaran karena saya tidak tahu lagi harus gimana, tapi ketika saya mulai benar-benar mencari kebenaran Tuhan, ia membawa saya langsung ke kebenaran itu! Inti dari buku ini adalah untuk, mudah-mudahan, dapat menginspirasi orang lain, seperti anda, melakukan hal yang sama!

Apa yang perlu kita lakukan adalah membaca Alkitab sendiri dan membaca banyak banyak sehingga kita tahu cukup baik untuk tahu kapan seorang pendeta tidak mengajarkan kebenaran. Kita pasti ingin mencari sebuah gereja di mana kebenaran yang diajarkan, tetapi apa yang paling penting adalah bahwa kita memahami kebenaran Tuhan dalam hati dan pikiran kita. Jika Anda menemukan diri Anda dalam sebuah gereja yang tidak mengajarkan kebenaran, pergi dari situ dan temukan satu yang mengajarkan kebenaran.

Baik, mari kita lihat apa yang Firman Tuhan katakan.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: